Perpustakaan Kita

Just another WordPress.com site

Telemetri

telemetri merupakan pengukuran yang dilakukan dari jarak jauh dari tempat yang aman dalam wilayah yang sulit dijangkau atau tidak memungkinkan.
Telemetri adalah perpaduan antara teknologi komunikasi dan informatika dalam hal ini juga dikarenakan kemajuan dan perkembangan dalam dunia elektronika yang sudah semakin modern sehingga rangkaian terpadu dari integrasi rangkaian2 tersebut yang menjadi kendali (pengontrol) dengan rancang bangun alat dapat membantu sebuah sistem bekerja dengan maksimal, sehingga dapat mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal dalam melakukan aktivitas ataupun pekerjaannya.
mikrokontroler adalah alat yang berfungsi untuk mengendalikan sistem, karena didalam mikrokontroler semua program diisikan sesuai dengan kebutuhan sistem. mikrokontroler adalah otak dari sebuah sistem yang dibuat.
sekarang ini perkembangan teknologi yang dikembangkan oleh para ahli memaksa adanya perubahan yang signifikan sehingga dengan perkembangan tersebut dunia ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami peradaban yang mengarah pada modernisasi digital untuk berbagai keperluan manusia.
Telemetri biasa digunakan untuk pengukuran jarak jauh seperti ; pengukuran suhu gunung berapi, gempa, tsunami dan bencana alam lainnya. tetapi biasa digunakan juga pada sistem angkasa luar. perkembangan yang semakin pesat ini mengakibatkan adanya penelitian yang menghasilkan sebuah terobosan2 baru. karena sekarang ini Telemetri berkembang tidak hanya untuk pemantauan bencana atau antariksa. dalam sistem pengamanan dan peralatan medis juga dapat digunakan sebagai pelayanan yang dapat mempermudah pendeteksian dan pemantauan tanpa harus melakukannya dari tempat tersebut.
perkembangan yang berlangsung terus menerus nantinya akan mengarah keteknologi yang maju dan memungkinkan manusia hanya sebagai operator dan hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja.
pengaruh dan dampak yang ditimbulkan dari sistem otomasi dan kendali jarak jauh ini juga harus dicermati dengan seksama agar meminimalisasi kesalahan2 yang akan berakibat fatal.
peran serta tenaga-tenaga ahli sangat diperlukan, agar dapat berfungsi baik maka pengenalan otomatisasi dari penginderaan jarak jauh ini harus disosialisasikan. sehingga kendala-kendala yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik.

June 1, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: