Perpustakaan Kita

Just another WordPress.com site

PENUTUP

BAB V

PENUTUP

V.1. Kesimpulan

Dari evaluasi hasil kerja alat dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian yang telah dilakukan tersebut, maka penulis mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut, yaitu :

  1. Rangkaian yang digunakan cukup sederhana.
  2. Sensor LM35 dalam alat ini digunakan sebagai pengukur temperatur suhu tubuh seseorang (pasien), ini karena sensor tersebut memiliki tingkat akurasi yang cukup akurat.
  3. Dengan pengiriman pesan yang dilakukan oleh ponsel kesistem yang menjadi stasiun pantau yaitu GSM Modem juga terhubung kemikrokontroler sehingga telemetri dapat mempermudah memonitor suatu keadaan temperatur seseorang tanpa dibatasi waktu dan jarak.
  4. Dapat memonitor secara berkala dan kontinyu pada sistem pengukuran tersebut sehingga relatif efektif dan efisien, dan selama tersedianya jaringan GSM maka dapat dilakukan darri manapun tempatnya.

V.2 Saran-Saran

Saran-saran yang dapat penulis sampaikan adalah :

  1. Dengan adanya perbaikan sistem dan pengembangan maka alat tersebut akan memiliki kinerja yang lebih baik dari yang telah dibuat.
  2. Bila digunakan server pada PC maka kinerja akan lebih mudah dan cepat karena data dapat tersimpan didalam sistem komputer, dengan penambahan jenis alat baik mikrokontroler, sensor maupun detektor memungkinkan alat akan bekerja maksimal dan lebih baik hasilnya.
  3. Dengan perkembangan teknologi komunikasi-informatika dan elektronika memungkinkan adanya pengembangan sistem yang mungkin bisa dikaji ulang untuk pembuatan alat seperti misalnya pemantauan melalui video streaming langsung dari telepon selular sehingga alat akan memiliki mangsa pasar seiring dengan pengembangan tersebut.
  4. Harapan penulis semoga penulisan ini dapat berguna dan menjadi sumbangsih bagi ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan diharapkan kritik-saran yang membangun dari semua pihak sehingga bila ada penulisan dan penelitian lanjutan akan lebih baik dan sempurna.

June 15, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: